8/19/2017

Info Kuliah Taiwan Especially in NCKU

Gue coba share how to apply study in Taiwan?
Gue lanjut kuliah di Taiwan, waktu itu ada pihak National Cheng Kung University (NCKU) datang ke ITS, buat sosialisasi tentang NCKU sembari cari mahasiswa Indonesia yang mau kuliah di Taiwan khususnya di NCKU. Saat itu juga ada interview langsung dari pihak NCKU buat mahasiswa yang mau lanjut kuliah. Karena gue orangnya kuper jadi gue ketinggalan berita tentang info tersebut, but gue dapet info dari temen gue yang emang apply juga buat kuliah di NCKU Taiwan, her name is Fitri Widhiastuti. Setelah gue tau info-info tersebut gue langsung minta doa restu sama orangtua biar dilancarin prosesnya, ridhonya orangtua ridhonya Allah SWT. (tumben ya gue bener 😆😆) So this is the step how to apply study in Taiwan especially in NCKU.

👉 Tahap Pertama:
     Gue urus semua administrasi mulai dari surat rekomendasi dari dosen (waktu itu butuh dua surat rekomendasi dari dosen), surat rekomendasi dari jurusan, transcript nilai, surat keterangan kalau kita mau lulus (Ijazah kalau udah punya) karena waktu itu gue masih semester akhir pas apply jadi gue pake surat keterangan (letter of official statement). Selain itu gue juga persiapin CV, study plan (isinya itu apa tujuan kalian kuliah di univ yang dituju dan mau ambil bidang apa pas sampai disana), autobiography (isinya nyeritain tentang kita itu gimana), certificate TOEFL (biar aman TOEFL diatas 500). That's it document yang perlu disiapkan.

👉 Tahap Kedua:
     Kalian bikin account disini setelah itu isi biodata dan nanti ada bill yang harus dibayar buat biaya pendaftaran. Waktu itu gue butuh waktu kurang lebih tiga hari buat transfer biaya pendaftaran dari bank Indonesia ke bank Taiwan (jangan mepet-mepet ya gaes, soalnya waktu itu gue mepet banget dan ada kesalahan teknis). Setelah tiga hari tersebut di account yang udah kita buat ada keterangan kalau administration fee accepted, dan ini tandanya kita bisa upload document-document yang udah disiapkan. Pokoknya ikutin aja step-step yang ada di website. Setelah kita upload semua dan selesai semua step kita nunggu sekitar 2 minggu dari deadline pendaftaran. (semua tinggal diserahin aja sama Allah). Sementara menunggu pengumuman bagi yang belum punya passport gue saranin sambil nunggu sambil bikin passport, biar nanti kalau ketauan keterima bisa langsung urus Visa.

👉 Tahap Ketiga
     Setelah pengumunan terpampang di website langsung urus Visa. Buat bikin Visa bisa langsung urus sendiri mulai dari persyaratan sampai dapet Visa nya. Karena waktu itu gue posisi lagi di Surabaya alhasil gue pakai agent yang ada di Jakarta buat bikin Visa. Persyaratan Document buat bikin Visa yaitu:
1. Pas Foto 6 bulan terakhir, berwarna dengan background putih ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar.
2. Passport yang masih berlaku minimal 12 bulan masa berlaku passport.
3. Letter of Acceptance (LOA) asli dari universitas tujuan dan fotocopy.
4. Ijazah terakhir Asli (karena waktu itu gue blm lulus gue pakai SKL, oh iya semua document yang tadi gue sebutin semuanya dalam English version ya. Buat Ijazah/SKL sama transcript yg versi Indonesia juga disiapin).
5. Ijazah atau SKL versi English Asli.
6. Transcript versi Indonesia dan English.
7. Ijazah dan Transcript English yang udah dilegalisir TETO (Taipei Economic and Trade Office). Karena waktu itu gue pakai agent jadi gue cuma kasih SKL sama Transcript yang udah dilegalisir sama notaris itu fungsinya buat meyakinkan kalau document kita itu asli nah stelah dari notaris nanti dari pihak agentnya baru yang urus ke TETO buat dilegalisir.
8. Laporan Medical Check-Up Asli dari Rumah Sakit atau Klinik yang udah ditentuin sama TETO, ini link Daftar RS sama Klinik.
9. Fotocopy KTP, Kartu Keluarga.
10. Bagi yang ga dapet full scholarship mungkin bisa lampirkan fotocopy buku tabungan yang masih berlaku. Fotocopy halaman identitas dan cetak 3 bulan terakhir dengan jumlah saldo tertentu. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi pihak TETO.
11. Siapkan biaya buat bikin resident Visa. Karena waktu itu gue masih pakai SKL alhasil gue ga bisa dapet resident visa gue cuma dapet visitor visa terus diganti ke resident visa setelah sampai di Taiwan. Gue lupa berapa biaya yang harus disiapkan buat bikin visa. 😂
Setelah semua document lengkap, gue kirim document tersebut ke Jakarta buat di proses lebih lanjut. Waktu itu butuh waktu kurang lebih 2-3 minggu prosesnya. Kalau mau semakin cepet jadinya perlu biaya tambahan perprosesnya. Oh iya waktu buat visa kita juga udah tau kapan mau berangkat ke Negara tujuan jadi bisa ditetuin dulu kapan kalian berangkat kesana, karena resident visa ini berlaku 15 hari setelah waktu kedatangan kita ke Negara tujuan dan ganti jadi citizen card, nanti dibantu sama pihak kampus buat ubah resident visa ke citizen card.

👉 Tahap Keempat:
     Konfirmasi ke pihak kampus kalau kita bisa study disana melaui account yang udah kita buat, nanti disana ada pilihan kita mau tinggal di dormitory atau diluar, terus nanti ada buddy buddy yang bakal bantu kita pas kita udah sampai disana. Pokoknya jangan sampai lost contact sama bagian admission pihak kampus.

Setelah semua proses selesai dan Visa udah ditangan kita bisa langsung cus pergi ke Negara tujuan dan welcome to the new world. Selamat mencoba ya gaes dan kalau udah keterima semoga lancar studynya disana. Oh iya kalau bisa kita paham sedikit-sedikit Bahasa Negara yang dituju setidaknya kita bisa ngerti dikit-dikit Bahasa mereka. Pokoknya Good Luck buat para pencari beasiswa dan para pelajar yang mau kuliah diluar. 加油 😃

No comments:

Post a Comment