8/18/2015

Lintas Jalur 2012 (Oyi beh)

Ga kerasa ya gue udah 2 tahun aja kuliah di ITS, banyak cerita suka dan duka, banyak dapet temen juga pokoknya campur aduk banget lah pokoknya. Ini cerita lanjutan si sebenernya, lebih tepatnya cerita perjalanan gue setelah lulus kuliah D3. Setelah wisuda D3 gue nganggur dulu satu semester buat nunggu pendaftaran Lintas Jalur ITS. Waktu nganggur itu gue pake buat belajar bahasa inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur. Lumayan lah english gue ada peningkatan, ga parah-parah banget. Awalnya gue berempat sama temen-temen gue dari D3 buat daftar ITS, kita semua belajar bareng buat ngadepin tes ITS. Tibalah hari H buat tes, gue ga lupa buat minta doa restu ke Ibu tercinta supaya dimudahkan tesnya, setelah berakhir tes gue sama temen-temen gue ga yakin kalo bakal diterima, tapi yasudahlah pasrah serahin sama Yang Maha Kuasa. :D keesokan harinya gue tes wawancara, gue sama temen-temen gue ga tau nanti pas wawancara bakal ditanyain apa aja, yang penting siapin mental aja dah. Selesai wawancara kita semua makan bareng di warung makan pak kumis, pasti anak ITS tau warung pak kumis. Disitu kita cerita ditanya apa pas wawancara dan kita semua udah pasrah apapun hasilnya nanti.

Habis tes wawancara kita harus nunggu dua hari buat pengumumannya, udah komat-kamit aja gue kalo doa. :D Sampailah hari pengumuman, tepat jam 00.00 gue liat lah websitenya tapi belum ada pengumuman buat tesnya. ya sudahlah gue tidur setelah itu. Abis itu gue liat lagi pas bangun tidur, tapi belum ada juga pengumumannya. Udah sport jantung dari semalem, dag dig dug nunggu hasil pengumuman. Dan alhasil pengumumannya keluar sekitar jam 3an. Alhamdulillah gue sama temen2 dari Unpad keterima semua dan yang keterima totalnya ada 25 orang.
Tapi mau dikata apalagi semua orang punya jalan masing-masing buat their future, kita berempat ga berjuang bareng lagi, yg tersisa dari kita berempat buat berjuang di kampus pahlawan gue sama temen gue asal palembang (sebut saja teo :D). Walaupun gitu gue harus tetep semangat, Tuhan punya rencana yang indah dibalik semua itu ya guys. :)
Tersisalah 23 orang, tapi ditengah perjalanan kuliah gugur juga 2 orang karena alasan tertentu (tuh kan balik lagi sama rencana Tuhan). Pada akhirnya kita berjumlah 21 orang and we are Lintas Jalur 2012 (Oyi beh). Kenapa disebut Lintas Jalur 2012 (Oyi beh) karena ada salah satu temen kita yang selalu ngomong oyi beh dengan gaya khasnya, dan akhirnya kita ikut-ikutan ngomong oyi beh :D.
Ini pertama kalinya gue tinggal di tanah jawa (tapi bukan jawa barat ya :D), gue ga ngerti apa yang mereka omongin, karena ngomongnya pake bahasa jowo (boten ngertos Mas Mbak). Kebanyakan temen dari Lintas Jalur asalnya daerah jawa timur dan jawa tengah. jadi gue adalah penyusup dari jawa barat yang masuk ke daerah mereka. #hais lu ngomong apa yun.
Udah panjang lebar gini gue blm jelasin ya apa itu Lintas Jalur. It's a program to continue study from Diploma to Bachelor degree that needed  time as long as two years to finish it. Satu tahun pertama adalah tahun matrikulasi, dimana kita semua ngulang matakuliah Tekkim yang dasar-dasar (karena basic gue bukan Tekkim banget jadi ini the first time buat gue sama temen gue yang bukan dari Tekkim asalnya) tapi Alhamdulillah bisa terlewati masa matrikulasinya. Buat melewati masa ini juga gue sama temen-temen LJ saling bantu, kita belajar bareng, ngerjain tugas bareng di kampus, didepan kostan sampe jam 1 a.m, sampe dimarahin orang pula gara-gara kita berisik dan sampe ada peringatan kalo ga boleh berkunjung sampe jam segitu dan akhirnya dibatasin cuma sampe jam 11 p.m. (bukannya gue sok rajin ya belajar, tapi tuntutan biar cepet lulus :D). Apalagi kalo udah mau quiz atau UAS pasti kita belajar bareng dan share yang namanya baceman (bukan sejenis makanan ya :D), baceman itu adalah masteran , itu istilah yang dipake di ITS. Pokoknya yang bacemannnya paling lengkap pasti aman dah :D
Oia gue blm ngenalin temen LJ gue satupersatu. Gue kenalin berdasarkan urutan NRP ya tapi seinget gue si ini :D Mulai dari NRP satu yaitu Denny, Ayin, Yuli, Anien, Bahang, Cynthia, Yayang, Latif (Latipa), Frisca, Geny, Rendy, Dewi, Sonny, Teo, Virah, Yuyun (it's Me :D), Dina, Pradita (Inchom), Nia, and yang jadi benteng kita adalah Reza (Gokil). Selama gue kuliah dosennya punya ciri khas masing-masing, ada yang objektif, ada yang ngasih nilai A asalkan jujur pas ujian, pokoknya beda-beda deh. Tapi makasih ya Bapak & Ibu Dosen yang udah berbagi ilmunya buat kita semua. Tapi yang aneh lagi adalah mahasiswanya, lagi kuliah kita masih bisa selfie loh, ambil posisi duduk paling belakang, dosen ngejelasin kitanya selfie foto-foto. Dasar kelakuan. :D

Foto diambil pas Kuliah DAIK (Desain Alat Industri Kimia)

 Foto diambil pas Kuliah Ekotek (Ekonomi Teknik)

 Foto diambil pas Kuliah DAIK (Desain Alat Industri Kimia)

Padahal didepan dosen lagi jelasin loh itu :D Gue juga punya foto pas kita lagi belajar bareng, walaupun lagi belajar tapi tetep narsis boleh lah ya :D

 Belajar didepan kostan Muslimah :D
Waktu belajar ada si Kaka (anak kecil) yang ikut nimbrung 


Belajar Dalpro di Perpus


Setelah semester dua selesai kita semua SE (gue lupa kepanjangannya apa ;D). Kita SE ke Yogya selama 4 hari 3 malem. Lumayan capek SE nya, tapi seneng jadi bisa jalan-jalan bareng, sambil menyelam minum air. Ini foto-foto waktu SE.





Kondisi didalam Bis saat Siang dan Malam hari



Mampir dulu di Pantai 


Kunjungan PT Sritex





Finally Yogya 

Abis SE kita semua masuk ke semester 7, semester dimana kita harus pilih Lab. Untung-untungan si dapet Labnya, yang udah lulus TOEFL dan skornya paling tinggi bisa pilih Lab duluan dan yang pas-pasan TOEFLnya belakangan pilih Labnya (alias sisa-sisa, but I was enjoyed when i was passing one year in Lab walupun awalnya berat buat nerima semua itu haa lebai sedikit). Mulai masuk Lab kita udah sibuk masing-masing sama Tugas Akhir. Di semester 7 ini kita semua dituntut buat bikin Pabrik mulai dari mau bikin pabrik apa, latar belakang kenapa bikin pabrik, pemilihan lokasi, pemilihan proses, neraca massa, neraca energi, spesifikasi alat, dan analisa ekonomi buat nentuin pabriknya layak didirikan apa engga. Buat ngerjain tugas akhir ini kita dikelompokin, satu kelompoknya dua orang, lumayan bisa berbagi buat ngerjain semua-semuanya. Waktu itu gue satu kelompok sama mamih (panggilan anak kost buat dia) sebenenya namanya Virah (She from Makasar, sama kaya gue yang jadi penyusup didaerah Jawa). Selain kita satu partner kita juga satu kostan. Kalo udah jalan sama mamih kagak ada abisnya dah, dijabanin muterin ITC Surabaya, PGS, JMP, TP :D ;D 
Awalnya gue sama partner gue juga berat masuk Lab AKP (Akademi Polimer), tapi setelah dijalanin ya Alhamdulillah terlewati dengan mulus, walaupun ada obstacles nya. namanya juga hidup ga mungkin garis lurus terus :D Abis Pabrik Selesai masuklah ke semester akhir yaitu semester 8, di semester ini kita semua udah mulai fokus sama skripsi dan kita cuma punya waktu empat bulan buat nyelesain skripsi, sebelum sidang akhir ada yang namanya sidang poster disini kita kasih liat progres seberapa besar hasil yang udah dicapai. Ini ada foto waktu gue sama temen-temen gue sidang poster.



Ujian Poster Paper

Foto sama Partner waktu Poster Paper

Setelah satu bulan poster sampailah pada saatnya sidang akhir skripsi, sidang penentuan kita jadi menyandang gelar ST atau ga. Alhamdulillah gue sama partner gue (mamih) bisa ngelaluin sidang akhir, and finally we are Bachelor Engineering (ST).

 Foto waktu sidang akhir

Akhirnya jadi buku juga skripsinya :D :D

Oia sebelum kita lulus-lulusan, kita juga sempet foto bareng loh di studio, walaupun ga semuanya ikut, seengganya ada kenang-kenangan foto selama dua tahun. Oia selamat juga ya buat temen-temen akhirnya sampe juga batas perjuangan dan sampai saatnya wisuda 111, selamat juga nanti temen-temen yang wisuda 112.


See you in our bright future guys, success for you guys. 
#The End

20 comments:

  1. Suka yunnn btw gimana nrh foto trz dibawah ny ada tlsn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manual Mbak aku bikinnya.hahaa
      tinggal enter aja terus tulis teksnya :D :D

      Delete
  2. Luar biasa kaka experience nya :D

    ReplyDelete
  3. Luar biasa kaka experience nya :D

    ReplyDelete
  4. Ka mau tanya kalo ekstensi its teknik kimia its bisa sambil kerja ga? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis kerjaannya, kalau misalkan part time atau ngajar les gitu masih bisa disambi sama kuliah. Tapi kalau kerja diperusahaan sepertinya agak susah buat bagi waktunya. Karena tahun pertama kita difokuskan kuliah yang jadwalnya lumayan full senin-jumat dan tahun kedua udah fokus lab sama tugas akhir.

      Delete
    2. Ada beasiswakah buat yang ekstensi?

      Delete
    3. Setau saya ga ada beasiswa buat ekstensi kalo dari kampus. tapi ga tau lagi kalau diluar bisa apply beasiswa atau ga.

      Delete
  5. Kalau lintas jalur paling cepet berapa tahun?

    ReplyDelete
  6. Paling cepet 2 tahun kalau di ITS karena itu udah padat 2 tahun ga bisa lebih cepet lagi. tergantung perguruan tingginya juga ada yang cuma 1 tahun, dsb.

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. sama ayina, kangen suasana kampus, suasana kostan :(

      Delete
  8. Mbak, TA nya kok partneran?
    Bukannya RA S1 itu sendirian ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau di ITS partneran tugas akhirnya. Karena satu semester tugas akhir perancangan pabrik dan satu semesternya lagi baru penelitian.

      Delete
  9. Mbak, TA nya kok partneran?
    Bukannya TA S1 itu sendirian ya??

    ReplyDelete
  10. Mbak, TA nya kok partneran?
    Bukannya TA S1 itu sendirian ya??

    ReplyDelete
  11. Mbak, TA nya kok partneran?
    Bukannya RA S1 itu sendirian ya??

    ReplyDelete
  12. kak bisa gak D-3 Teknik Mesin ke S-1 Teknik Kimia ITS mohon jawabannya ya.. thx

    ReplyDelete
  13. Untuk tes tulis dan wawancaranya seputar apa ya topiknya?

    ReplyDelete
  14. Untuk tes tulis dan wawancaranya seputar apa ya topiknya?

    ReplyDelete