7/20/2013

Pengalaman di Kampung Inggris

gue mau cerita tentang pengalaman gue di Pare, Kediri, Jawa Timur. Setelah gue lulus D3 gue bingung mau ngapain, mau kerja tapi bingung kerja apa. mau nerusin kuliah juga nunggu dulu 6 bulan. ya udah gue putusin gue mau memperbaiki bahasa inggris gue yang semeraut. dan akhirnya gue putusin buat pergi ke Kampung Inggris di Kediri, Jawa Timur. Waktu itu gue gak tau apa-apa tentang Kampung Inggris, ya udah gue tanya sama kakaknya temen gue yang pernah berilmu di Kampung Inggris. dan gue di kasih info tentang lembaga-lembaga yang ada di Kampung Inggris, awalnya gue ga ngerti apa-apa kalau di bilang masih bloon. dan setelah mendapatkan info gue langsung calling owner dari salah satu lembaga yang ada di Kampung Inggris, karena saking banyaknya lembaga yang ada di Pare. gue nanya-nanya tentang lembaga ini dan akhirnya gue sama temen-temen gue mutusin buat ambil program pertama kali yaitu speaking di Mr. BOB English Club. Kamis, 20 September 2012 gue sama temen-temen gue berangkat ke Pare, Kediri. gue dan temen-temen kumpul di Stasiun Pasar senen. Kita belum tau mau tinggal dimana nanti setelah sampe di Kampung Inggris, kita cuma modal nekat aja berangkat ke Kampung Inggris. Akhirnya gue dan teman-teman sampe di Stasiun Kediri hari jum'at, 21 September 2012. Sesampainya di Stasiun Kita bingung mau naik apa, karena diantara kita ga ada yang tau mau naik apa menuju Kampung Inggris, akhirnya kita dapet info dari adek kelas yang udah pernah ke Pare, dan kita di kasih nomor telepon angkot menuju Kampung Inggris.
Pada awalnya gue ngebayangin kalau Kampung Inggris itu terpencil banget dengan kata lain jauh dari peradaban dan kampung yang ada dengan penerangan  seadanya dan jarang ada signal. But as matter of fact, Kampung Inggris adalah tempat yang rame banget sama anak-anak muda yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, pokonya ketemu sama orang dari berbagai pulau dah. Waktu itu gue bingung kita mau turun dimana, tapi gue sama temen-temen langsung datang ke officenya Mr. Bob dan kita langsung tanya-tanya tentang program yang ada di Mr. BOB English Club, habis itu kita ditanya udah dapet tempat tinggal belum, dan dengan polosnya kita bilang belum dapet. Terus pihak officenya bilang terus mau tinggal dimana/ gue baru ngeh iya ya gue mau tidur di mana, masa program udah daftar tapi tempat tinggal belum ada, dasar bodohnya gue. Pada saat itu juga gue sama temen gue ditawarin Camp di Mr.Bob English Club, karena udah merasa lelah dan bingung mau kemana lagi, akhirnya gue putusin buat ambil Camp di Mr. Bob. Setelah itu gue langsung menuju Ke Camp dianterin sama Brother Rizal, terus pas sampe Camp langsung di sambut sama Miss Raya, dan gue denger temen-temen gue di camp udah jago-jago banget ngomong bahasa inggris, gue ngerasa minder banget, karena sadar akan kemampuan bahasa inggris gue. mau ngeluarin kata-kata inggris aja gue takut banget. ya sudahlah namanya juga belajar nanti gue juga bisa seperti mereka.
Pada saat itu gue ga langsung ikut program, karena belum waktunya yah intinya gue kerajinan banget datang sebelum tanggal program. alhasil gue ngedekem aja di camp. Pada hari selasa, tanggal 25 September 2012 gue baru mulai program, pada saat itu gue ambil program Pronunciation with ibu peri Miss Raya, setelah itu gue ambil program TickTalk with Uncle Gojira and break dulu sebelum ke program selanjutnya yaitu Speak Up 1 with Sista yang gokil abis. Selain itu gue juga ikut program yang ada di camp, yaitu program pagi dan program malam. Pada awalnya gue ga yakin kalau bahasa inggris gue bakal bagus, tapi setelah program 2 minggu yah lumayan lah bahasa inggris gue ada perbaikan sedikit. Periode pun mulai berganti dan dengan bergantinya periode berganti pula teman-teman yang ada di camp, mati satu tumbuh seribu. :D Orang yang datang ke Pare bukanlah orang yang biasa-biasa aja, tapi mereka adalah orang yang sangat luar biasa. Mereka memiliki cita-cita yang tinggi untuk their future. Mungkin ada yang berfikiran ngapain jauh-jauh belajar bahasa inggris di Pare, tapi kalau kalian udah datang ke Pare bakal ngerasain sensasi belajar di Pare seperti apa. Setiap 2 minggu kita dapet temen baru, pengalaman baru, nambah ilmu khusunya bahasa inggris.  Setelah 2 minggu pertama di Pare, selanjutnya gue ambil program lagi di Mr. Bob English Club, waktu itu gue ambil program Speak Up 2 with Mr. Bob owner dari lembaga ini, lalu gue juga ambil kelas Go Go Talk yaitu Grammar for Speaking with Mr. Abroad, abis itu break dulu dan setelah break gue ambil program Zip-Zip English with Mr.Bob dan terakhir gue ambil Pronun Wow with Ibu peri. Setelah satu bulan itu gue masih rada canggung buat ngomong bahasa inggris, karena ada perasaan takut salah. pada saat itu mulai diberlakukan english area di camp dan mau ga mau gue harus ngomong pakai bahasa inggris, dengan adanya peraturan baru ini cukup ngebantu bagi gue, karena ngebantu juga buat melatih ngomong bahasa inggris. Selain itu juga program-program di camp ngebantu banget, apalagi kita ada tugas buat diary tiap hari, dan itu menambah kosakata juga, dan belajar nulis juga. "A person who never made a mistake never tried anything new (Albert Einstein)" itu juga diterapkan di Mr. Bob English Club dimana membuat kesalahan adalah wajib, makanya gue enjoy beud belajarnya, ga perlu takut salah, karena adanya salah makanya di sini lah banyak belajar. :)
gue tinggal di Pare kurang lebih 2,5 bulan, dari waktu yang lumayan lama itu gue banyak dapet pengalaman yang ga gue sangka-sangka. gue dapet keluarga baru pokoknya banyak hal yang ga bisa diungkapkan dengan kata-kata ada pengalaman manis, pahit, asin. Pokoknya kalian juga bakal ngerasain kalau kalian ke Pare. gue nulis pengalamn gue di Pare karena gue lagi kangen sama suasana Pare dan temen-temen di Pare. Oia di Pare itu ada tempat tongkrongan yang terkenal di seantero Pare yaitu Bu Tin dan Ketan Susu, itu tempat selalu dipenuhin sama anak gaul Pare. :D Oia, selain itu juga di Pare itu masih sedikit polusinya, karena kemana-mana itu pakai sepeda, berhubung gue ga bisa naik sepeda makanya gue jalan, tapi gue ngerasa santai aja, menikmati setiap sudut jalan yang ada di Pare. #haa lebai banget yah gue. kadang gue sama temen-temen gue juga jalan kalau mau pergi ke suatu tempat yang jaraknya ga begitu jauh, take it easy guys. :D selain itu harga makan di Pare murah-murah beud, kalian bisa makan pakai ayam hanya cukup membayar dengan uang Rp 5.000,00 harga yang murah kan? nasi pecel aja cuma Rp 3.000,00 fantatis sekali, tapi itu zamanya gue kalau sekarang ga tau dah berapa. :) oia, terkadang ada acara jalan-jalan juga loh, makanya harus tetep update di Pare, kadang jalan-jalan ke Bali, Gunung Bromo, Pulau Sempu, Gunung Mahameru, Gunung Kelud, pokoknya banyak dah. bisa buat refreshing juga kan. :D 
Buat kalian yang mau ke Kampung Inggris or Pare, gue saranin kalian udah tau mau ambil program di lembaga mana dan mau tinggal di camp atau ngekost. Karena bisa jadi pas kalian udah sampe Pare ternyata nasib baik ga ada di tangan kalian, semua lembaga udah penuh dan alhasil kalian ga dapet tempat tinggal dan ga bisa ikut program. selain itu juga kalian harus fokus mau ambil apa, kalau speaking ya speaking dulu di perdalam bisa ambil program di berbagai lembaga, kalau grammar sama toefl silahkan konsen di bidang itu, supaya dapet hasil yang maksimal itu juga saran dari tutor. pokoknya dateng ke Pare harus punya tujuan mau memperdalam tentang apa. karena otak gue pas-pasan ya gue cuma bisa fokus di speaking. tapi kalau kalian mampu ya kenapa ga buat di coba, asalkan tetap fokus ya. Inget buat anak jangan coba-coba. :D Oke selamat mencoba ya. Oia jangan lupa bawa camera digital atau SLR karena tiap akhir program ada ujian buat dapet sertifikat dan sesi foto-foto bareng. Ini ada beberapa foto dari program yang gue ambil.





4 comments:

  1. Hallo, saya baru mau ke Kampung Inggris, tapi masih cari2 info karena minim info ttg Kampung Inggris. Kamu ambil program dari 1 lembaga aja ya? Dari Mr. Bob aja? Trus di Camp nya tidurnya gimana ya? Saya baca2 di web, ada yg 1 kasur ramean.
    makasih sebekumnya.

    ReplyDelete
  2. Bingung kemana liburan sambil Belajar Bahasa Inggris ? yuk ke Elfast Kampung Inggris kita ada program Speaking,Grammar,TOEFL ITP,TOEFL IBT,IELTS, English Camp dan TOEFL Camp info lebih lanjut http://elfast-pare.com/ atau 0354 399844

    ReplyDelete
  3. belajar bahasa inggris dengan metode belajar yang menyenangkan dan hasil yang maksimal, hanya di kampung inggris

    ReplyDelete
  4. Speaking kampung inggris akses https://kampunginggris-pare.com

    ReplyDelete